apa?? kamu homeschooling?

ya. kami keluarga homeschooling. homelearning.

tidak. saya tidak memiliki masalah dengan sekolah, saya pernah menjadi guru di sekolah yang luar biasa Luqman Al Hakim Internasional yang mengajari saya tentang filosofi pendidikan dan ruh pembelajaran tauhid., sebelum harus pindah Jakarta mendampingi suami.

ya. anak saya meminta utuk melakukan ini bersama. sudah berjalan kurang lebih 3 tahun ini.

tidak. saya tidak khawatir pada perkembangan anak saya, dan kami sekeluarga dengan "tidak sekolah", karena saya yakin pada kemampuan alami manusia untuk belajar.

ya. kami punya jadwal. tidak mengikat erat hingga sesak nafas, karena kami sadar betul: bunda, fasilitator paling cantik  dirumah ini  acak abstrak hebat. kalau tanpa pegangan, bisa bisa kacau balau. jadi jadwal ini adalah jadwal keluarga secara umum:


  • subuh: mengusahakan bangun sepagi mungkin,  sholat, langsung mandi, lalu olahraga dan motivasi pagi bersama ayyah. bunda masak, jemur baju, cuci piring. lanjut sarapan dan belanja sayur bersama bunda, jalan jalan diluar kompleks, bertetangga, mengamati alam sekitar.
  • dhuha: sholat dhuha dan doa belajar. mulai dengan stART - proyek seni- karena anak anak suka utak utik kaya bundanya. setelah bahagia, terbuka otaknya, mulai masuk  paket preparation : writing, reading, math @ 5 menit saja. reading aloud oleh bunda tentang tema atau tentang apa saja.lanjut paket project : science, social science, ICT. kadang diselain Montessori activities. maiiiin maiiiin, bunda masak siang, bersih bersih, anak anak boleh sekali membantu  (jadwal pekanan menyusul).
  • dhuhur : lunch, belajar tata cara makan juga. , toilet time, sholat, quiet time, reading (kalo ga ngantuk banget hehehe), nap.
  • ashar : shower, play outside
  • maghrib: sholat, tilawah, iqro, hafalan.
  • isya: sholat, dinner, main ama ayyah, evaluasi hari ini. saling meminta maaf dan memaafkan, baca buku lagi lagi lagi..tidur ama denger murottal Al Quran.
jadwal ini bisa berubah, tapi keteraturan yang mernyenangkan tampaknya baik untuk anak anak dan saya...sejauh ini Alhamdulillah.

Komentar

  1. Asw. Salam kenal, mbak Echa. Nama saya Fitri, kita sebenarnya tetangga beda komplek. Saya di GI 5 :) Saya memutuskan akan menjadi FTM sebentar lagi. Ketemu blog mbak Echa, seneng banget deh. Bisa dicontek ilmunya :) Terima kasih sharingnya ya, sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  2. www. salam kenal juga tetanggaaaaa hehehe senang mendengarnya mb Fitri..semoga mendatangkan berkah yang lebih besar setelah jadi full house wife yaaa

    BalasHapus

Posting Komentar