Rabu, 22 Februari 2012

buku cerita sains untuk anak? bagaimana bisa efektif?

Kumpulan Cerita Sains Untuk Anak


Beberapa waktu lalu, (lupa nulis tanggal beli di bukunya)..kami membeli buku ini disalah satu toko buku  di Depok. Dari ngeliat sampulnya aja udah naksiiir banget. Sudah lama saya mencari buku cerita sains seperti terbitan BIP ini. Ternyata buku ini karya penulis dan ilustrator Korea. 

Pernah membaca dalam  lessonplan science di UK, mereka memakai berbagai macam buku lalu dikaitkan dengan tema yang dibutuhkan. Jadinya mengalir alami sekali, dari membaca bersama murid tentang kisah tiga hewan yang berebut apel menjadi belajar tentang push and pull. Dari membaca tentang kisah burung hantu menjadi belajar tentang Light and Dark..kadang didramakan bersama..lucu deh ^^
Bahkan ada penerbit yang khusus menerbitkan cerita fiksi tapi terkait kurikulum Nasional Inggris..jadi anak anak mereka serasa gak  baca buku paket yang boring tapi "cuma" baca buku cerita aja ..menyenagkan ya?


jelas dan besar gambarnya

ada halaman khusus berisi fakta 

foto foto terkait tema cerita

kata-katanya tak terlalu banyak dan mudah dicerna anak

Contohnya cerita "Membuatmu hangat" ini. Ini cerita kesukaan Hamza. Diulang berkali kali tiap mau tidur. ceritanya tentang seekor ayah bebek yang menyambut "penetasan" anak anaknya..didalamnya mengalir cerita tentang bagaimana udara hangat mengalir dari tubuh induk ke telur, bagaimana logam lebih cepat panas daripada kayu, bagaimana air panas dan dingin bercampur menjadi hangat.

naaah setelah membaca buku ini kita bisa ajak anak kita membahasnya dengan cara menyenangkan. tanyakan apa yaaa yang bisa membuat hangat? bedanya tidur di kasur dan di lantai? Bisa sampai kemana mana: kalau bebek mengerami telur, kalau manusia? hehe sesuka yang nanya deh..


benar benar pilihan gambar dan warnanya membuat hangat

Lucu banget kan?

satu buku berisi beberapa cerita dengan ragam  tema sains, penulis dan ilustratornya juga berbeda

..ternyata rasa ingin tahu bisa berkembang dari cerita cerita ya?  

Bagaimana agar efektif? wah bagimana ya..baca baca baca..bicara bicara...tanya tanya..coba coba..perhatikan sekitar..dan bersenang senanglah..

Ingiiiin sekali menulis buku seperti ini. Yang berbasis Al Qur'an..



2 komentar:

  1. Bundaaa... aku juga naksir bukunya nih... hehehe...

    Blognya keren Bund, bakalan sering-sering mampir ke sini saya... ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. subhanallah senangnya ada tamu kesayangan anak anak..aku juga abis bertamu..tulisan amah kereeeen

      Hapus

Entri Populer