Senin, 20 Mei 2013

apa itu lapbook?



Lapbook adalah portofolio yang murah, koleksi dari buku buku kecil, lembaran buka tutup, dan materi tampilan yang dapat dilipat yang memungkinkan ruang interaktif untuk gambar, cerita, grafik, alur wakt, diagram, pekerjaan tertulis dari topik apapun, unit pembelajaran, buku yang kita pilih, dipilih, dikumpulkan,ditempelkan, lalu secara kreatif ditampilkan dalam map warna warni ukuran standar.

Lapbook adalah salah satu alat hands on dalam homeschooling yang menyenangkan, sesekali kami melakukannya bersama.
Errrr tapi jangan maksa ketika anak anak gak mau atau jangan kaget kalo melenceng jauh dari rencana emaknya hahha..sering juga emaknya yang kegirangan bikinnya tapi anak anak mainan apa gitu yang lain kikiki.
Jangan juga mengira hasilnya akan selalu indah menawan seperti yang ada di Pinterest. Karena setelah beberapa kali melakukannya, yang murni dibuat dari keinginan anak anak..ya bener bener original banget deh.
 Bukan dengan gaya emaknya, bukan dengan gaya Pinterest. 
*original ini bisa dibaca "agak" tidak rapih dan isinya masih gak fokus hihihi. 
Maklum ya mak..masi belajar. Tidak ada yang benar atau salah kok dalam membua lapbook.
Karenaa..lapbooking adalah cara yang menyenangkan untuk mengajarkan konten dan proses.
Konten datang dari topik yang menarik anak anak hingga diharapkan akan mengeluarkan motivasi internal dan rasa kepemilikan pada hasil karyanya.
Proses dalam pembuatan Lapbook akan membantu anak anak (dan fasilitatornya nih ) dalam hidup, untuk melakukan penelitian, perencanaan, kreatifitas, presentasi, dan evaluasi.
Enaknya Lapbook itu, adalah tersimpannya satu unit atau topik belajar anak anak dalam wadah yang kapanpun bisa dipelajari ulang sambil buka tutup lembarannya, atau memutar roda rodaanya, atau mengeluarkan dari dalam kantung kantungannya, atau sambil menambahkan lagi fakta baru atau menempelkan gambar baru.
Coba buka http://www.homeschoolshare.com/lapbooking_resources.php
Ada tutorial dan templatenya..


Ini contoh karya anak anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer