Kamis, 06 Maret 2014

Main bersama anak di Alam..ngapain aja ya?

Bayi 14bulan saya ini suka sekali melihat pintu terbuka...hihihi..dia akan ambil sandal dan mencari kerudung kecilnya di laci terbawah kabinetnya..

Larilah...

And these are ideas to play in nature with your baby :

1. Bermain tanah
Bermain tanah, batuan, dan pasir adalah permainan sensori abadi bagi anak anak. Sungguh! Ajak mereka merasakan tanah..menyentuh ..menggenggam batuan..atau pepasir..bagaimana rasanya nak? Jangan lupa cuci bersih tangan dan ganti baju setelahnya yaa.

2.Bermain air
Bahkan di playgroup dan tk tk mahal..permainan dengan air adalah menu wajib. Kita tak harus memakai water table, karena anak bisa main hujan, main di ember..bisa di halaman semprot dengan air selang..atau bahkan saat jalan jalan menemukan genangan air dan embun setelah hujan semalaman? Dijamin seru.

3.Mengamati hewan
Secara alami anak anak suka hewan hewan..iya kan? Apakah kucing yang berseliweran, ayam dan burung di kandang tetangga, cicak di dinding, ulat di dedaunan, cacing di tanah..belalang..ayuk berburuuuu..

4.Mengamati tumbuhan
Apa ini?
Rumput?
Batang pohon?
Oh..daun?
Aawww..duri?
Kulit buah?
Ternyata banyak bagian tumbuhan yang menarik untuk kita lihat bersama bayi dan anak anak kita ya?

5...just..listen..
Pergilah bersama anak anak..duduklah di tempat yang nyaman dan aman..lalu dengarlah. Dengarkan desau angin, gemerisik daun, kicau burung, kricik air..atau hanya hening..subhanallahu Allahu Akbar..

6. Mengumpulkan benda alam
Ahahha gak disuruh juga kalau kita turuti, tas ibu biasanya akan penuh dengan batuan, patahan batang, dedaun, biji bijian..kumpulkan penemuan saat berjalan bersama anak anak..bawa pulang untuk permainan selanjutnya

7. Menghitung benda alam
Naaah penemuan tadi bisa jadi alat hitung sederhana kan ya..menghitung batu..panjang pendek dahan patah..berat ringan..lebar sempit daun...bentuk yang beraneka..everything around us is mathematical!

8.Membuat art and craft dari benda alam
Menemukan rontokan daun? Bisa dirakit jadi mahkota kecil..
Menemukan patahan dahan? Bisa jadi tongkat..alat pancing pura pura..
Menemukan biji bijian? Bisa ditempel atau dikoleksi..

9. Menanam tanaman
Dimulai dari mengairi kacang hijau, menanam biji buah setelah kita makan, menancapkan batang ditanah siapa tahu bisa tumbuh? Atau menanam sisa sayuran yang bisa tumbuh seperti sisa akar daun bawang yg diberi air, bawang brambang atau wortel, atau rimpang bmbu bumbuan dapur..asik lhoo

10. Memelihara hewan
Mulailah dari yang paling mudah dulu, kalau kami suka ikan..heheh..belalang pernah, mantis, keong pong pongan yg dijual di pasar malem..memelihara hewan melatih kepekaan dan rasa tanggung jawab anak bukan?

Tentu sebenarnya masih banyaaaak aktivitas di alam bersama anak anak. Mau menambahkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer