apa itu buku anti mati gaya?

bismillaah.

segala Puji bagi Allaah Yang Maha Rahman..Maha Rahim

saya makin percaya bahwa rencana kita itu begitu kecilnya dibanding Rencana Allah Ta'ala..keciiiil banget.

suatu hari sekitar satu bulan yang lalu..malam malam merenung kok kepikiran hal ini:

aktivitas libur panjang.
panduan untuk ibu ibu.
buku fotokopian.
murah.
kutulis sendiri.
kugambar sendiri.
terserah mau dicopy lagi boleh.
pengen nyampe untuk ibu2 non gadget.non art and craft classes. non seminar.

akhirnya di Page FB saya tanyakanlah kalau aja saya bikin buku begitu..apakah ada yang mau?

diluar dugaan. banyak yang komen mau.

mulailah saya menggambar didalam buku kanvas dengan beberapa alat handlettering dasar.

flashback pertama..awalnya saya memang sedang belajar handlettering setelah adik saya pemilik ORIGHT label (search on Instagram okay) yang keren itu request .tapi rasanya ada yang kurang gitu..kayanya baru sebatas nyari jempol orang tulisan2 handlettering saya yg saya pajang di Instagram heheh ngaku. udah beli alat perang lumayan lengkap..kenapa ga bikin sesuatu yg jelas. sesuatu yang bermanfaat ?

flashback kedua..sebelumnya, sempat pingin bikin bikin buku dan dimasukkan penerbit. tapi jiwa saya tuh panggilannya indie banget huehehehe.saya uda nanya nanya ke teteh editor Umi Maya bisa gak sih kalo nerbitin buku ga pake ISBN dll..yee dijitaklah.dan disisi lain, ga pede masukin ke penerbit. saya takut ditolak. dijitak lagi ama bu Editor. dan saya ini kalo ga kepepeeet gitu ga jalan jalan. nulis. berhenti. nulis. berhenti. nulis..fb-an. sudah lupa deh.

flashback ketiga jauuuuh jauuuh hari sebelumnya, saat saya dan teman teman di Rumah Keluarga Indonesia muter masuk ke plosok plosok gang sempit..ke TK dan PAUD yang didanai amat kecil..ke rumah rumah yang kosong dari anak anak karena mereka kabur ke warnet dan kalaupun dirumah..anak anak hanya dijejali acara televisi..duh ada yang menusuk nusuk hati.

lanjut sekarang.

kenapa bahasan awal buku antimatigaya ini ada pada chores atau pekerjaan rumah dasar? soalnya saya ngerasa dholim ama anak anak saya. sekarang mereka udah besar..9th dan 7th..tapi belum pernahpun masak nasi sendiri..atau goreng lauk, atau kupas buah..atau petik sayur sendiri.
mereka kaku saat menyapu..kikuk membuang sampah. jika waktu kembali pada Allah tiba..saya meninggalkan anak anak yg ga bisa ngapa ngapain..gimana? saya mengenang almarhumah mb Eha.yang menemui Rabbnya di usia muda..namun  memang anak anaknya uda biasa masak sendiri..ada tugas dijadwalkan dirumahnya.

dan ingatlah Rasulullaah yang bisa menjahit bajunya sendiri, menjahit sandalnya, memahami istrinya dan anaknya saat mereka kelelahan karena pekerjaan rumahtangga. darimana beliau bisa bila tak belajar sedari muda?

bahasan aktivitas Ramadhan sendiri karena momennya tepat. jadi saya masukkan di chapter kedua.

saya menulis buku ini diatas meja setrika. kosong karena mesin cuci rusak, qodarullah..dan saya melaundry pakaian2 besar. 

 kenapa full tulisan tangan? -padahal niat awalnya tulisan diketik, ilustrasinya yang gambar tangan- karena qodarullah juga printer rusak..dibenerin berkali kali masi aja ga bisa dipake. ya sudahlah. kelamaan beralasan ini rusak itu ga ada, kapan kerja nyatanya kan? 

memang nekat.

hari demi hari saya gambar..saya tulis..saya cari ide ke Pinterest..saya foto, laporkan ke page, sebagai pertanggungjawaban. godaan buanyak.apalagi karena saya ini acak abstrak mudah terdistraksi.nah.. untungnya diupload di page adalah ada yang mendesak ndesak..mbaakkk kapan jadinyaaa..masuk Ramadhan udah kelar doooong..hehehe

sampailah pada hari ketika halaman terakhir jadi. sekitar dua pekan setelah awal survey, dua pekan sebelum Ramadhan. awal bulan Juni 2015.
saya copy dan jilid ..dan saya tawarkan ulang. saya paparkan segalaaaa keterbatasan buku ini. saya ga mau berlebihan promosi trus nanti sesampainya ditangan pembeli, dibilang: yaaah gini doang.

soalnya udah beberapa kali jualan dan kayanya saya kelebayan. sering ga enak ati jadinya kalo uda promo nurutin kata produsennya eeehhh ternyata ga sekece itu. wekkeke mumpung ini produksi sendiri. marilah dibanting banting saja, supaya tidak kecewa nantinya.

eh lha masyaAllah ..kok tetep banyak yang pesan.

rasanya campur aduk. kawatir..suka gak yaa nantinya. tambah kawatir dan malu kalo yg pesen teman2 yang saya tahu aktivitas hariannya ama anak anaknya uda lebih canggih..kok mesen juga siiiih.hahaha grogi banget.

saya jual harga 20 rb u jilid spiral buku 35hal. dan 15 rb u jilid lakban.

terus terang..saya belum ahli menghadapi pembeli bertubi. ada yg saya salah tulis alamat. ada yang ternyata belum kekirim, kelewatan liat inbox :p ada yang pesen spiral dikasi lakban. nahloh.

ohya ada revisi cover juga sebelum saya perbanyak ampe kurang lebih 100 eksemplar dari awalnya narget cuma 50.

mulailah sampai ketangan pembeli satu demi satu.
dan mulailah semangat berbagi itu muncul di timeline. ada yang buka sampe 3 kloter pemesan @15an orang.via fb,online. padahal mb Anindita di Surabaya ini jualnya bener bener harga copy ama ongkir aja.(kalo saya kan saya lebihin buat biaya gambar yak). ada yg pake BB nyebarinnya..ada yg ke teman2nya..saya jadi resah karena menuli WAJIB  berbagi di cover bukunya. duh. merepotkan gak ya. saya tanyakan di page. mereka enjoy enjoy aja sementara itu hehehe..alhamdulillah..tapi ada yg lieur karena sampe nembus 50 pemesanan juga.makanya kemudian hari tagline BEBAS COPY WAJIB BERBAGI saya (setelah diskusi ama Ophie dan teteh Maya A. Pujiati) ganti menjadi BEBAS COPY BEBAS BERBAGI. jadi kalaupun ga disebar lagi. ga masalah. 

teruus sampailah buku itu ke Retnadi Nur'aini..kami bertemu sudah lamaa..sejak tuhfa masi bayi. eh ya baru dua tahun kenal ya No hahha sok kenal. mulai deh tambah berlipat yang kasi perhatian ke buku ini, setelah masuk ke statusnya, secara Retno ini postingannya selalu bermutu dan bermanfaat. sebelumnya baru aja foto2 Perpustakaan TIM nya viral ampe berhari hari..

status biasa uda dahsyat efek buzzernya eeehh apalagi waktu dia kasi 10 buku anti mati gaya ini gratis..free ongkir...hiyaaa subhanallaah..ratusan komen dan like..dan mulailah friend request bejibun masuk ke saya yang pendiam dan pemalu ini.

page juga langsung banjir jempol.
padahal saya udah tutup PO. seratus pemesan aja udah bikin anak anak saya melengosin emaknya. apalagi nambah. kapan bun selesainyaaa. akhirnya Retno dan Halaman Moeka nya bersedia membantu copy dan distribusi buku. selain saya anjurkan untuk teman teman mencari ke teman sedaerah yang uda dapet angaktan pertama copyan saya.

Lalu saya kirim juga untuk Noviaty Fauziah. teman jaman homeschooling. nah, sama Ophie discan dan dibuatkan dropbox. setelah diumumkan ada ebook gratisnya, besok paginya link dropboxnya suspended. traffic!
dia bikinin dua file sharing lagi. di google ama app.box

kata Ophie dua hari nembus seribuan download. masyaAllah. saya ga pernah nyangka ampe segitu banyak animonya.
segala sesuatunya tampak begitu sederhana d awalnya. target target yang saya tempel di depan meja strika dan cantolan panci dekat tempat cuci piring.
untuk menulis buku buku sederhana. dengan ilustrasi sederhana.

and people say it goes viral too.
ada yang nyebarin album screenshootnya untuk yang mau lihat dulu sebelum download. ampe seratusan like. dan entah berapa puluh share (terakhir saya nanya ke admin page Perpus Bocah Pintar yang memasang albumnya ternyata nembus 2,200an share, mashaAllah).mungkin ini angka kecil buat yang lain. tapi besar banget buat saya.

bagaimana bisa saya bilang dengan sombong ini semua karena jerih payah saya sendiri? jelas jelas rencana Allah deh ini semua.

para pegiat pendidikan senior seperti mb Lala Rumah Inspirasi juga share, bu Septi Peni W dari IIP yang menasihati saya dengan kebijaksanaannya, bu Septriana Sekolah Guru yang memberikan buku ini gratis ke entah berapa puluh pendaftar asal bersedia Pay it Forward, share lagi kelak..sampai mb Dini DK. penulis kesukaan saya memberikan apresiasi..antara bersyukur..tapi juga maluu sempet terlena puji bertubi..lha lagi lupa terus seperti ditunjukkan Allah untuk ngeliat aktivitas mereka. saya seujung kukunya aja belum. kok mau gede rasa sih.

alhamdulillah. pengalaman berharga.
jadi..masih mau bebas copy bebas bagi lagi?


sekali lagi termakasih ya untuk semuanya,maaf sekali jika belum dicwritakan satu persatu..Allaah Maha Lembut, lagi Maha Teliti.



Bisa download disini ini edisi revisi yg dibuat oleh teteh Maya A. Pujiati..

Komentar

  1. Lo komenku hilang ya...

    Masya Allah bund keren banget smg berkah ya menginspirasi remaja Indonesia hehe... beruntung dapet bukunya langsung dr bunda, makasiiih... :)

    Btw salam utk si bujang ya bund, tiba2 jd kangen buangett, 9th berarti sudah 5th yang lalu, masih boleh peluk dan cium gak ya?? Hihihi

    Amah danti

    BalasHapus
  2. Izin download yaa... masyaAllah baguss. Semoga berkah dan jadi amal jariyah. Aamiin :)

    BalasHapus
  3. Masha Allaah.. keren! saya download & share ya Mba.. semoga buku II-nya lancar :))

    BalasHapus
  4. Masha Allaah.. keren! saya download & share ya Mba.. semoga buku II-nya lancar :))

    BalasHapus
  5. Salam kenal, mbak. Ikutan izin dl, ya mbak. Terimakasih sudah berbagi ilmu, insyaAlloh berkah aamiin..

    BalasHapus
  6. Ijin download ya Mbak...smoga selalu mendapat berkah.

    BalasHapus
  7. Salam kenal mbak, saya Rahmi dr makassar. Ijin download bukunya..

    BalasHapus

Posting Komentar